Dalam rangka mengimplementasikan Program Widyatama Business Incubator yaitu salah satunya, Program pelatihan (training) maka kami pengelola Widyatama Business Incubator mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI). Dimana pelaksanaan pelatihan itu dilaksanakan pada :
Hari : Sabtu, 22 Januari 2022
Nama : Keni Kaniawati (Kepala Widyatama Business Incubator)
Lutfi Firman Firdaus(Manager Widyatama Business Incubator)
Tempat : Zoomeet (Online)
Sebagai pusat Inkubator Bisnis Indonesia (Aibi) mengundang Widyatama Business Incubator selaku anggota (AIBI) untuk mengikuti program pelatihan “Training Of Trainers” dengan tema Startup Tools. Pada pelatihan kali ini trainer yang mengisi pada program pelatihan ini diantaranya:
- Asril F Syamas (Ketua AIBI) – Keynote Speaker
- Dina Dellyana (Narasumber)
- Indra Purnama (Narasumber)
Pelatihan “Training Of Trainers” dengan tema Startup Tools ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas Trainer inkubator dalam pengelolaan manajemen inkubator bisnis dilingkungan nya. Diharapkan dalam pelatihan ini ketua dan manager Inkubator bisnis dapat memberikan pengarahan dan mengimplementasikan kepada para trainer inkubator bisnisnya dalam memanage tenant nya sehingga menjadi tenant naik kelas yang bisa mengembangkan usahanya melalui proses inkubasi dengan diberikan nya coaching/trainning mengenai model bisnis, aspek pemasaran dan manajemen pengelolaan bisnis. jejaring bisnis untuk mendapatkan investor . Dalam pelatihan ini diharapkan krtua dan manager inkubator bisnis bisa meraih keberhasilan inkubator bisnis dalam memperoleh beberapa peluang berbagai program baik dari Pemerintah ataupun dari stackeholder lainnya sehingga memperoleh Penguatan Inkubator bisnis dalam pengelolaanya. Adapun materi yang diberikan oleh narasumber meliputi:
- Team Foundation
Membangun tim untuk memiliki visi yang sama tidak dapat tercapai tanpa adanya aktivitas terstruktur untuk memperkenalkan sesama anggota tim dan menentukan arah dari tim di organisasi. Aktivitas membangun tim untuk mencapai visi yang sama dan kesepahaman yang sama memiliki manfaat dalam meningkatkan produktivitas, kolaborasi, kreativitas, motivasi dan miningkatkan daya komunikasi
- Problem Solution Fit
Menemukan solusi terbaik dari suatu permasalahan. Oleh sebab itu setelah memikirkan alternatif yang ada, metentukan solusi mana yang paling tepat. Untuk menentukan solusi yang paling tepat, pertimbangkanlah solusi mana yang tidak berpotensi menyebabkan masalah lainnya.
- Product Launch Fit
Dapat digunakan ketia startup ingin memperoleh dukungan dari audiencenya dalam hal ide yang ditawarkan untuk memasarkan produk/jasanya. Piching merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua starup baik untuk mencari investor, pelanggan dank lien, ataupun hanya mencoba meyakinkan anggotakeluarga dan kerabat bahwa startup emiliki apa yang diperlukan untuk berhasil dalam bisnis.
- Product Market Fit
Digunakan untuk mengukur perjalanan/pengalaman konsumen saat terpapar dengan jasa marketing perusahaan. Tools ini dapat digunakan ketika perusahaan melakukan proses iterasi penyempurnaan produk hingga produk yang dikembangkan digunakan oleh mayoritas pengguna dalam frekuensi yang ideal.
- Busines Model Fit
Metodelogi penetapan tujuan yang digunakan organisasi untuk memfasilitasi pertumbuhan, peningkatan, dfan inovasi. Penetapan tujuaqn mengharuskan organisasi untuk memikirkan tujuan menyeluruh untuk perusahaan hingga area fokus yang perlu ditingkatkan.